Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas dan Mendukung SEO

Sebenarnya banyak sekali sahabat-sahabat Blogger yang menulis artikel tips dan trik cara menulis artikel berkualitas yang memenuhi standar seo, tetapi buatloh.com juga ingin berkontribusi bagaimana agar sebuah artikel mempunyai kualitas yang baik, tentunya yang memenuhi standar seo. Silahkan lakukan beberapa cara dibawah ini :



JUDUL/TOPIK



Judul sangatlah penting dalam sebuh artikel, karena readers biasanya tertarik dalam sebuah tulisan dengan melihat judulnya dulu, apabila judulnya menarik, besar kemungkinan readers akan segera membaca artikel kita yang tampil di mesin pencarian. Jangan sekali-kali membuat sebuah artikel tanpa disertai judul, ini akan membuat blog kita sepi dari pengunjung, dan kelihatannya blog tidak mempunyai tujuan yang jelas. Jadi sebelum membuat artikel, tentukan dulu topik yang akan dibahas dalam artikel, setelah itu baru tentukan judul yang sekiranya cocok dengan isi artikel.

KUASAI TOPIK




Banyak para Blogger yang menyerah, salah satu diantaranya karena tidak bisa menulis, mereka bingung apa yang harus ditulis di blognya tersebut, sehingga blognya terlantar dan tidak terawat, yang pada ujung-ujungnya mereka kembali pada kehidupan awalnya di dunia nyata. Jika hendak menulis suatu artikel,  setidaknya sahabat harus menguasai topik yang hendak ditulis, agar tidak lagi berfikir-fikir dulu ketika menulis. Jika belum menguasai sepenuhnya sebuah topik, maka akan banyak waktu yang terbuang hanya karena satu judul saja. Pernahkan sahabat Blogger ketika hendak menulis satu artikel baik itu tentang Blogging, Internet, Techno, Lifestyle, dll, sampai menghabiskan waktu ber jam-jam, itu karena belum menguasai sepenuhny topik pembahasan yang akan ditulis. Saya pun terkadang seperti itu, apabila otak lagi encer, 5 artikel bisa dibuat dalam tempo 15 menit saja, dan begitupun sebaliknya apabila otak lagi bad mood, 1 artikel saja bisa menghabiskan waktu ber jam-jam. Intinya adalah kita harus bisa menguasai topik yang akan dibahas dalam artikel.  

ISI





Isi adalah tulisan yang ada didalam sebuah artikel. Apabila sahabat hendak menulis artikel, buatlah kata pengantar yang membuat para readers penasaran akan isi artikel sahabat, dengan begitu readers akan membacanya sampai tuntas, karena memang penasaran dengan isi pada artikel sahabat. Isi artikel harus sesuai dengan judul yang dibuat, apabila sahabat memuat topik tentang internet, maka judulnyapun harus yang relevan dengan topik tersebut, tidak etis apabila judulnya tentang cinta. 

MEDIA




Seperti halnya seorang guru yang sedang mengajar dikelas kepada muridnya, harus ada fasilitas yang mendukung agar pelajaran yang disampaikan mudah diserap dan dipahami oleh siswa, jadi harus ada fasilitas yang mendukung, diantaranya media (Gambar,Buku,Lcd Proyektor, dll). Begitupun para blogger yang hendak membuat suatu artikel, sisipkanlah gambar yang cocok dengan pembahasan, bisa juga berupa video yang berhubungan dengan topik pembahasan, agar para readers cepat memahami maksud dari tulisan sahabat. 

JUMLAH KATA





Semuanya percuma apabila sahabat blogger menulis suatu artikel yang mana isi kontennya minim kata. Perbanyaklah jumlah kata agar tulisan sahabat tampil di halaman mesin pencari. Berapa kata yang harus ada supaya memenuhi standar seo?, 500 kata keatas. Jadi sebisa mungkin sahabat blogger dalam menulis suatu artikel dimana didalamnya terdapat 500 kata lebih, baru memenuhi standar seo. Inikan susah? memang, para penulis juga pada awalnya mengalami hal yang semacam itu, tapi kalau sudah terbiasa, lambat laun juga pasti tidak akan terasa sulit, karena secara tidak sadar otak kita terus bekerja dan mengalam peningkatan daya berfikir. 

NO COPAS




Artikel yang berkualitas tentunya bukan hasil jiplakan dari hasil karya orang lain. Jangan sekali-kali ingin menjiplak artikel orang lain yang akan ditulis ulang di blog kita, karena hukumnya ilegal. Bagaimana apabila yang mempunyi artikel tersebut tidak memaafkan atas tindakan bodoh kita yang menjiplak hasil karyanya?, apa mau seperti itu?. Seorang penulis yang baik adalah bukan mereka yang suka jiplak hasil karya orang lain. Apabila sahabat tertarik dengan tulisannya dan ingin mempublikasikan ulang di blog, sahabat harus meminta izin dulu kepada penulisnya, apabila susah untuk dihubungi, setidaknya harus mencantumkan link yang menuju sumber tulisan tersebut. Apabila sahabat keukeuh (tetap/ngotot) ingin mempublikasikan ulang artikel orang lain karena tertarik dengan isi didalamnya tetapi tidak ingin menggunakan metode diatas, maka sahabat harus merombak total isi artikel di dalamnya, tetapi maksud dan tujuannya harus sama seperti pada topik yang dibahas tersebut. Seperti halnya saya yang sedang menulis artikel mengenai tentang cara membuat artikel berkualitas yang memenuhi standar seo. Banyak sekali sahabat blogger yang telah duluan menulis artikel ini, tetapi sama sekali saya tidak menjiplak hasil tulisan mereka, karena saya sadar, tindakan copas itu adalah ilegal. Saya hanya merubah kata-katanya sesuai dengan kemampuan otak saya, tapi tujuannya sama seperti mereka, cuma kata-katanya saja yang berbeda.




Selesai...
Semoga artikelnya bermanfaat, silahkan dicoba oleh sahabat-sahabat blogger.


 

2 Responses to "Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas dan Mendukung SEO"

Beberapa peraturan yang harus dipatuhi pengunjung!!!
1. Jangan lupa komentar dan saran-nya setelah membaca artikel ini
2. Berkomentarlah yang sopan dan beretika
3. Tidak berkomentar yang menyinggung ataupun berunsur sara
4. Beritahu saya apabila ada link yang rusak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...